Jumat, 16 Oktober 2009

tugas produktif


MOTHER BOARD

adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.


Bagian-bagian Motherboard:



-Chipset-

Chipset adalah IC berukuran kecil pada komputer yang fungsinya mengarahkan aliran data dan menentukan komponen apa yang didukung oleh Personal komputer.

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke kartu grafis (VGA) dan sistem memori (RAM). Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.


System bus atau bus sistem, dalam komputer pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponen dalam menjalankan tugasnya. Jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang di simpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh cpu melalui perantara sistem bus.

System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.

Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.

Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI Express.

Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.

Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut:

  1. Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport bus, dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.

  2. Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.

  3. Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).

  4. Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)

  5. Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)

  6. Bus ISA (Industry Standard Architecture)

  7. Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)

  8. Bus MCA (Micro Channel Architecture)

  9. Bus SCSI (Small Computer System Interface]]. Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar

  10. Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.

  11. Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.

Bus Prosesor merupakan bus paling cepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan System bus atau bus sistem, dalam komputer pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponen.Jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang di simpan dalam memori dapat diakses oleh cpu melalui perantara sistem bus.


BUS AGP(Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis.

ISA merupakan bus atau slot pada motherboard untuk memasang perangkat tambahan yang distandarisasi oleh Industry Standard Architecture (ISA). ISA merupakan slot ekspansi 8 bit dan 16 bit yang digunakan pada komputer XT dan AT.

(Peripherals Component Interconnect) BUS PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem input/outputberkecepatan tinggi





BIOS, singkatan dari Basic Input Output System,merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan hardware.

Dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)

  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi

  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)

  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.



Memori komputer menunjuk ke perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau program pada sementara waktu atau secara permanen untuk digunakan dalam digital elektronik komputer.



Read-only Memory (ROM) adalah media penyimpanan data pada komputer ,salah satu memori yang ada dalam computer. ROM sifatnya permanen /program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau listrik di matikan.


Programmable read-only memory (PROM) atau field programmable read-only memory (FPROM) atau satu kali programmable non-volatile memory (NVM OTP) adalah suatu bentuk memori digital di mana setiap bit setting terkunci oleh sekering atau antifuse. Prom seperti itu digunakan untuk menyimpan program secara permanen. . Perbedaan utama dari ketat ROM adalah bahwa pemrograman diterapkan setelah perangkat dibangun.



Sebuah EPROM, atau Erasable P rogrammable Read Only Memory, adalah jenis memori yang menyimpan data ketika daya dimatikan,sebuah array dari floating gerbang transistor individual diprogram oleh perangkat yang memberikan tegangan tinggi dari biasanya digunakan dalam rangkaian digital.Sekali diprogram, sebuah EPROM dapat dihapus dengan cahaya ultraviolet.

Sebuah EPROM, atau E rasable P rogrammable Read-O nly M Emory, adalah jenis memori chip yang mempertahankan data ketika catu daya dimatikan. . Dengan kata lain, itu adalah non-volatile. Ini adalah sebuah array dari floating-gerbang transistor individual diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan tinggi daripada yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital. . Sekali diprogram, sebuah EPROM dapat dihapus hanya dengan mengekspos ke kuat ultraviolet cahaya. Sinar UV yang biasanya memiliki panjang gelombang 253.7nm (untuk penghapusan optimal waktu) dan termasuk dalam kisaran UVC sinar UV. EPROM mudah dikenali oleh transparan kuarsa bercampur jendela di atas paket, melalui mana silikon chip terlihat, dan yang memungkinkan paparan sinar UV selama menghapus.


EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory,adalah sejenis chips memory tidak-terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan .

EEPROM merupakan jenis non -volatile memory yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya untuk menyimpan sejumlah kecil data yang harus disimpan ketika kekuasaan dihapus, misalnya, kalibrasi perangkat meja atau konfigurasi. Ketika jumlah besar data statis untuk disimpan (seperti pada USB flash drive) jenis tertentu EEPROM seperti flash memory lebih ekonomis daripada perangkat EEPROM tradisional.

flashrom adalah sebuah utilitas untuk mengidentifikasi, membaca, menulis, memverifikasi dan menghapus flash chip.flash rom sering digunakan untuk flash BIOS / EFI / coreboot / firmware gambar.


Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Dynamic Random Access Memory (DRAM) adalah media penyimpanan yang setiap bit data dalam terpisah kapasitor.Karena muatan kapasitor bocor, informasi akhirnya memudar kecuali muatan kapasitor refresh.Karena persyaratan refresh ini, ini adalah memori dinamis yang bertentangan dengan sram dan memori statis lainnya.



FPM adalah memori paling lambat teknologi yang digunakan dalam PC modern. FPM memori sendiri adalah versi perbaikan dari pendahulunya.




Extended Data Out Random Access Memory (EDO RAM) adalah DRAM yang memiliki dua tahap pipa, yang memungkinkan kontroler memori membaca data dari chip ketika sedang ulang untuk operasi berikutnya.Sementara kinerja serupa untuk sinkron DRAM (SDRAM), itu tidak dapat mendukung kecepatan bus di atas 66MHz.


Synchronous Dynamic Random Access Memory (SD RAM) adalah jenis memori dinamis yang digunakan dalam PC.SDRAMmerupakan salah satu jenis memori komputer kategori solid-states dan juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-states.

Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM) sejenis DRAM yang digunakan padaADAPTER VIDEO dan GRAFIS AKSELERATION. Seperti SDRAM, SGRAM dapat mensinkronkan dirinya dengan bus CPU jam sampai dengan kecepatan 100MHz. Selain itu, SGRAM menggunakan beberapa teknik lain, seperti menulis dan blok bertopeng menulis, untuk meningkatkan bandwith untuk fungsi grafis yang intensif.Namun, hal itu dapat membuka dua halaman memori sekaligus, yang mensimulasikan sifat dual-port video RAM lain teknologi.



Double data rate synchronous dynamic random access memory (DDR SDRAM) adalah kelas memori sirkuit intergritasi yang digunakan dalam komputer.


Rambus DRAM (RDRAM) ini memiliki jalur data yang sempit tapi kinerjanya tidak dapat diungguli oleh DRAM jenis lain yang jalur datanya lebih lebar dari RDRAM yaitu 16 bit atau bahkan 32 bit. Hal ini karena RDRAM ini memiliki Memory Controller yang dipercanggih.



Video RAM (VRAM) adalah segala bentuk random access memory RAM yang digunakan untuk menyimpan data gambar untuk sebuah komputer layar.

(Window RAM) Jenis RAM yang dikembangkan oleh Samsung Electronics dioptimalkan untuk display adapter.Meskipun lebih cepat daripada VRAM tetapi menggunakan jenis yang sama yaotu dual-porting struktur yang secara bersamaan refresh layar sementara teks dan gambar sedang ditarik dalam memori



Synchronous Graphics RAM (SGRAM)

SGRAM adalah bentuk khusus SDRAM adaptor untuk grafis. Ia menambahkan fungsi-fungsi seperti masking bit (menulis untuk sedikit pesawat tertentu tanpa mempengaruhi yang lain) dan memblokir kemampuan menulis (mengisi blok memori dengan satu warna). Tidak seperti VRAM dan WRAM, SGRAM adalah single-porting. Namun, hal itu dapat membuka dua halaman memori sekaligus, yang mensimulasikan sifat dual-port video RAM lain teknologi.

Static RAM adalah jenis RAM yang menyimpan data tanpa refresh eksternal, selama dipasok ke rangkaian.kontras dinamis RAM (DRAM), yang harus di-refresh beberapa kali per detik agar dapat terus isi datanya.SRAMs digunakan untuk aplikasi khusus dalam PC, di mana kekuatan mereka lebih besar daripada kelemahan mereka dibandingkan dengan DRAM


DIMM, atau dual in-line modul memori, terdiri dari serangkaiandinamis random akses memory sirkuit terpadu. Modul-modul ini adalah terpasang pada papan sirkuit cetakan dan dirancang untuk digunakan dikomputer pribadi,workstation dan server.

SIMM, atau tunggal dalam baris-modul memori, adalah jenis modul memori yang berisi random access memory yang digunakan dalam komputer dari awal 1980-an hingga akhir 1990-an. Ini berbeda dari garis ganda dalam modul memori (DIMM), yang paling dominan bentuk modul memori hari ini, dalam kontak pada SIMM yang berlebihan di kedua sisi modul. SIMM berada di bawah standar JEDEC standar JESD-21C.

Varian pertama SIMM memiliki 30 pin dan menyediakan 8 bit data (9 bit paritas versi). Mereka digunakan dalam 286, 386 dan 486 sistem. Varian kedua SIMM memiliki 72 pin dan menyediakan 32 bit data (36 bit pada versi paritas). Ini muncul di 486, Pentium, Pentium Pro dan bahkan beberapa Pentium II sistem. Pada pertengahan tahun 90-an, 72-pin SIMM telah menggantikan 30-pin SIMM.

RIMM (Rambus) Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

Konektor keyboard adalah perangkat di ujung kabel yang digunakan untuk melampirkan keyboard ke sistem. Ada dua jenis konektor standar, yang merupakan satu-satunya jenis konektor yang pernah digunakan di dunia PC,



USB-Port.Com adalah sumber untuk USB Converters, USB Hub, USB Kabel Data dan Penyuluhan, USB Video Converters, USB Port Ekspansi Devices, USB Data Storage Device dan USB Komputer Peripherals



Port serial adalah komunikasi serial interface fisik melalui transfer informasi yang masuk atau keluar satu bit pada satu waktu (berlawanan dengan port paralel). Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi, transfer data melalui port serial terhubung komputer ke perangkat seperti terminal dan berbagai peralatan lainnya.

Sementara sebagai antarmuka seperti Ethernet, FireWire, dan USB semua mengirim data sebagai serial sungai, istilah "port serial" biasanya mengidentifikasi hardware yang lebih atau kurang sesuai dengan RS-232 standar, yang dimaksudkan untuk antarmuka dengan sebuah modem atau perangkat komunikasi yang sama .

Komputer pribadi modern port serial yang sebagian besar sudah digantikan oleh USB dan Firewire untuk koneksi ke device tersebut. Banyak komputer pribadi modern tidak memiliki port serial karena ini pelabuhan warisan telah digantikan bagi sebagian besar menggunakan. . Serial port yang umumnya masih digunakan pada aplikasi seperti sistem otomasi industri, analisis ilmiah, sistem sampai toko dan beberapa industri dan produk konsumen. Server komputer dapat menggunakan port serial sebagai konsol kontrol untuk diagnosa. Peralatan jaringan (seperti router dan switch) sering menggunakan konsol serial untuk konfigurasi. Serial port masih digunakan di daerah-daerah tersebut seperti yang sederhana, murah dan fungsi konsol mereka sangat standar dan meluas. Sebuah port serial memerlukan sedikit mendukung perangkat lunak dari sistem host.


Port paralel (DB-25) adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port. Perusahaan yang memperkenalkan port ini adalah Centronic, maka port ini juga disebut dengan Centronics port.

Kesederhanaan port ini dari sisi pemrograman dan antarmuka dengan hardware membuat port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.


Disingkat dengan VLAN. Di dalam switch LAN, suatu fitur yang menggunakan standar 802.1Q. Fitur pada switch LAN ini, suatu port berjalan jika jika ada yang menuju segmen yang sama. Istilah lainnya pada fitur ini adalah V Segmen atau virtual segmen. Suatu device atau user yang pertukaran informasinya cukup banyak, biasa menempatkan informasinya pada segmen yang sama. Tujuannya adalah agar membantu operasi switch LAN berjalan dengan efisien, dengan cara memelihara isi informasi dari suatu trafik dengan port yang spesifik. Konsep utama dari VLAN ini adalah dengan cara menempatkan data berdasarkan penempatan port.



High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).

HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal. Hal ini tak tergantung pada standar DTV seperti ATSC, dan DVB(-T,-S,-C), karena semuanya merupakan enkapsulasi stream data MPEG, yang dilewatkan pada dekoder, dan keluar sebagai data video tak terkompresi, yang bisa jadi berdefinisi tinggi. Data video ini kemudian dikodekan menjadi TMDS untuk transmisi digital melalui HDMI. HDMI juga mendukung 8 kanal audio digital tak termampatkan. Dimulai dengan versi 1.2, saat ini HDMI mendukung hingga 8 kanal audio satu bit. Audio satu bit digunakan pada CD Super Audio.

Konektor HDMI Tipe A standar mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum. Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1080p.

HDMI Tipe A cocok juga dengan Digital Visual Interface (DVI-D) hubungan tunggal yang digunakan pada monitor komputer modern dan kartu grafik. Hal ini berarti bahwa sumber DVI dapat menggerakkan monitor HDMI, atau sebaliknya, dengan adapter atau kabel yang sesuai, akan tetapi fitur audio dan pengendalian jarak jauh HDMI-nya akan tidak tersedia. Sebagai tambahan, tanpa dukungan untuk High-Bandwidth Digital Content Protection (HDCP) pada kedua ujungnya, mutu dan resolusi video dapat diturunkan dengan sumber sinyalnya untuk mencegah pengguna dari melihat atau lebih khusus lagi merekam isi yang dilindungi. (Hampir semua hubungan HDMI mendukung HDCP, sedangkan beberapa hubungan DVI tidak.) HDMI Tipe B cocok dengan DVI hubungan ganda yang terdahulu.

Power connector Sebuah Konektor daya listrik yang dirancang untuk membawa sejumlah besar tenaga listrik biasanya sebagai DC/AC. Beberapa jenis KONEKTOR dapat membawa sejumlah besar kekuasaan, tetapi dianggap sebagai kategori terpisah.




CMOS adalah on-board chip semikonduktor diaktifkan oleh baterai CMOS di dalam komputer yang menyimpan informasi seperti waktu sistem dan pengaturan sistem komputer Anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar